| Capaian Pembelajaran Lulusan | Bahan Kajian | Deskripsi | |
|
| Menunjukan sikap dan etika yang bertanggungjawab dalam menjalankan tugas profesi sebagai pembelajar sepanjang hayat pada bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa secara mandiri (S9)Menguasai konsep teoretis ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) secara umum (P1)Menguasai prinsip dan metode layanan pendidikan masyarakat dan orang dewasa (P4) mengidentifikasi, menformulasikan, menganalisis, dan menemukan kebutuhan belajar dan sumber masalah bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa (KK3)merancang dan melaksanakan program atau intervensi bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa (KK5) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU3) | Profesi Bidang Pendidikan Masyarakat (BK1) | Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari tentang profesi kependidikan, dimulai dari definisi profesi, profesi pendidik, kompetensi pendidik profesional, Permasalahan pendidik profesional dan pengembangan keprofesional pendidik | |
| Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S.9)Beradaptasi dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pendidikan masyarakat (S.12)Menguasai konsep teoretis ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) secara umum (P.1)Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatis dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan masyarakat (KU.1)Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU.2)Mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman yang dinamis (KU.10)mengidentifikasi, menformulasikan, menganalisis, dan menemukan kebutuhan belajar dan sumber masalah bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa (KK.3) | Pengembangan Pembelajaran Berbasis IPTEKS (BK2) | Mata kuliah ini akan memaparkan tentang konsep dasar dan pemaknaan TIK, trend dan tantangan yang dihadapi, penerapan TIK dalam lingkup pendidikan masyarakat dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar pengoprasian komputer dan pemanfaatan internet. | |
| Menunjukkan sikap dan etika yang bertanggungjawab dalam menjalankan tugas profesi sebagai pembelajar sepanjang hayat pada bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa secara mandiri (S9)Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuiensinya apabila melakukan plagiarisme (S13)Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisi informasi dan data (KU4)Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU9)mengusulkan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah dalam bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa (KK4) | Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Masyarakat (BK3) | Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang prinsip-prinsip dan metode penelitian yang akan digunakan pada saat melakukan penelitian skripsi. Mahasiswa belajar pengertian pengetahuan, ilmu dan filsafat dan etika dalam penelitian, merumuskan permasalahan, membuat hipotesa, membuat rancangan penelitian sesuai dengan metode yang dipilihnya | |
| Mampu merancang dan melaksanakan program atau intervensi bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa dengan bertanggungjawab. (KK.5)Mampu memilih sumber daya dan memanfaatkannya secara efektif dan efisien dalam masalah pendidikan masyarakat dan orang dewasa tanggungjawabnya (KK.6)Menguasai konsep perencanaan, konsep program, management, pengorganisasian, evaluasi dan pengembangan program pendidikan masyarakat pendidikan masyarakat secara proporsional sebagai aktualisasi dari perencanaan pengelolaan serta profesional (P.1)Menguasai petunjuk Teknis Penyusunan Laporan Evaluasi Program (P.8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap rancangan program yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri (KU.8) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya (KU.7) | Manajemen Pendidikan Masyarakat (BK4) | Mata kuliah ini mengkaji mengenai penerapan ilmu manajemen dalam pendidikan masyarakat mulai tahap perencanaan, pengelolaan, pengorganisasian, hingga supervise, evaluasi, dan monitoring program-program pendidikan masyarakat | |
| Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik (S8)Menguasai konsep dan metode pendidikan masyarakat dalam perubahan sosial (sosial change) (P5)Mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman yang dinamis (KU10)Mengendalikan atau melakukan pendampingan dalam perubahan dan pengembangan masyarakat (KK7) | Social and Educational Mapping (BK5) | Mata kuliah ini mengkaji mengenai pemetaan social dan pendidikan yang di dalamnya memiliki materi mengenai analisis kebutuhan dengan berbagai pendekatan | |
| Mahasiswa dapat memahami Hakekakat ekonomi kerakyaran dan kewirausahaan sosial memiliki kepekaan sosial terhadap masyarakat dan lingkungan. (S.14)Mahasiswa Mampu menjelaskan kesempatan-kesempatan yang dapat menjadikan diri sendiri sebagai wirausahawan (P.8)Mahasiswa mampu: membuat ide-ide kreatif dalam rangka membuat bisnis. (KU.14)Mahasiswa mampu Membuat business plan (KK.14)Mahasiswa mampu mengetahui penerapan SWOT di perusahaan dan memahami faktor eksternal dan internal dalam perspektif SWOT (KU.7)Mahasiswa memahami Pemimpin yang ideal dan kepemimpinan berjiwa social (KU.12)Mahasiswa Mampu memahami Usaha kecil dan menengah yang ada di iIndonesia dan krakteristik UKM yang ada di Indonesia (P.8) | Ekonomi dan Sosio-Edupreneur (BK6) | Mata kuliah ini mengkaji mengenai kegiatan pembelajaran yang mengarahkan pada peningkatan intuisi sebagai pengusaha bidang social dan pendidikan | |
| Menunjukan sikap dan etika yang bertanggungjawab dalam menjalankan tugas profesi sebagai pembelajar sepanjang hayat pada bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa secara mandiri (S9)Menguasai prinsip dan metode layanan pendidikan masyarakat dan orang dewasa (P4)Mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman yang dinamis (KU10)Menyelesaikan masalah bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa melalui program pelatihan, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan nonformal dan informal berdasarkan pendekatan, strategi dan metode pedagogi sosial dan andragogi (KK2) | Pembelajaran Konteks Pendidikan Masyarakat (BK7) | Mata kuliah ini mengkaji mengenai teori andragogi, teori andragogi dalam pembelajaran orang dewasa, konsep mengajar berdasar teori pembelajaran orang dewasa, model andragogi dalam pengembangan sumber daya manusia, andragogi dalam praktek, perspektif baru dalam andragogi, masa depan dari andragogi, dari pengajar ke fasilitator belajar, penduan dan diagnosa kompetensi inti, penyampaian materi dalam pendidikan orang dewasa | |
| (KK1) Mampu menerapkan ilmu Sosial dan perilaku manusia (behavioral sciences) dalam bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat | Teori sosial dan perilaku manusia (BK8) | Mata kuliah ini mengkaji mengenai ilmu sosial dan perilaku manusia meliputi perubahan sosial, psikologi pendidikan dan psikologi sosial; sosiologi antropologi pendidikan, organisasi masyarakat serta konsep dasar prinsip dan azas keilmuan pendidikan masyarakat sebagai kajian ilmu dan perilaku manusia seperti konsep dasar pendidikan masyarakat, landasan kependidikan, pendidikan sepanjang hayat, dan etika profesi PTK pendidikan masyarakat | |
| (KK2) Mampu menyelesaikan masalah bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat melalui program pelatihan, pemberdayaan masyarakat berdasarkan pendekatan, strategi dan metode pedagogi sosial dan andragogi; | Pendekatan, Strategi dan Metode pembelajaran dan pengembangan masyarakat (BK9) | Mata kuliah ini membahas berbagai pendekatan, strategi dan metode dalam dan pembelajaran pendidikan masyarakat dan pengembangan masyarakat | |
| (KK3) Mampu mengidentifikasi, menformulasikan, menganalisis, dan menemukan kebutuhan belajar dan sumber masalah bidang pendidikan dan pengembangan masayarakat;. | Analisis Sosial dan Sumberdaya, perencanaan program pembelajaran dan pengembangan masyarakat (BK10) | Pada mata kuliah ini, mahasiswa mengkaji dan mengidentifikasi, memformulasikan, menganalisis serta menemukan kebutuhan belajar dan sumber masalah pada pendidikan dan pengembangan masyarakat baik PNFI, Pelatihan maupun pemberdayaan masyarakat | |
| (KK4) Mampu mengusulkan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah dalam bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat | Perencanaan program pendidikan dan pengembangan masyarakat (BK11) | Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar mengenai menentukan prioritas kebutuhan belajar dalam perencanaan program pendidikan dan pengembangan masyarakat baik pada bidang pelatihan, PNFI maupun pemberdayaan masyarakat | |
| (KK5) Mampu merancang, melaksanakan (mengelola) program atau intervensi bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat | Pengelolaan Program pendidikan dan Pengembangan masyarakat (BK12) | Mata kuliah ini mengkaji mengenai pengelolaan pendidikan dan pengembangan masyarakat baik pada bidang pelatihan, PNFI maupun Pemberdayaan masyarakat | |
| (KK6) memilih sumber daya dan memanfaatkannya secara efektif dan efisien dalam masalah pendidikan dan pengembangan masyarakat | Pengembangan sumber daya, ekonomi pembangunan dan IPTEKS (BK13) | Mata kuliah ini mengkaji mengenai pengembangan sumber daya pendidikan dan pengembangan masyarakat secara efektif dan efisien serta berbasis pada IPTEKS | |
| (KK7) mengendalikan atau melakukan pendampingan dalam perubahan dan pengembangan masyarakat; | Managerial Skill/ Fasilitator partisipatif (BK14) | Mata kuliah ini mengkaji mengenai cara mengendalikan, mengorganisasikan dan program pendidikan dan pengembangan sosial baik pada bidang Pelatihan, PNFI maupun Pemberdayaan masyarakat | |
| (KK8) Mampu mengkritisi kebijakan penyelesaian masalah sosial dari sudut pandang pendidikan dan pengembangan masyarakat | Analisis masalah sosial dan kebijakan pendidikan dan pengembangan masyarakat (BK15) | Mata kuliah ini mengkaji mengenai masalah sosial, analisis dan mengkritisi kebijkaan pendidikan dan pengembangan masyarakat | |
| (KK9) Mampu melaksanakan dan mengkomunikasikan hasil riset bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat serta memanfaatkannya dalam pengembangan program pelatihan dan pemberdayaan masyarakat | Metodologi penelitian dan komunikasi social (BK16) | Mata kuliah ini mengkaji mengenai metodologi penelitian; melakukan penelitian dan mengkomunikasikan hasil penelitian pendidikan dan pengembangan masyarakat baik pada bidang PNFI, Pelatihan maupun Pemberdayaan masyarakat. | |
| Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri (S.9).Menguasai Pengetahuan khusus konsep dasar manajemen training, analysis kebutuhan Pelatihan aspek aspek persiapan penyelenggaraan pelatihan dari segi kegiatan administrati penyelenggaraan pelatihan dari segi edukatif, langkah-langkah dan cara mengatur pada pelaksanaan pelatihan proses kegiatan dan tahap evaluasi dan memiliki kemampuan teknis pada aspek aspek evaluasi secara proporsional sebagai aktualisasi dari perencanaan pengelolaan serta profesional. (P.1)Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU 2)Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data, (KU.5).mengidentifikasi, menformulasikan, menganalisis, dan menemukan kebutuhan belajar dan sumber masalah bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa, (KK.3) | Kajian Pelatihan (BK17) | Matakuliah ini menyajikan konsep dasar, tujuan dan fungsi training, menganalisis kebutuhan akan training (TNA), pengembangan kurikulum training, ragam model dan metode training, fasilitas dan sarana training, evaluasi training dan penyelenggaraan aspek administrative training, analisis model-model pelatihan, model induktif, model deduktif, dan model klasik, model-model pelatihan berdasar pada proses dan materi latihan, langkah–langkah kegiatan model partisipatif, teknik-teknik yang dapat dipergunakan dalam model pelatihan, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pelatihan | |
| Menunjukan sikap betanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri (S.9)Menguasai pengetahuan khusus yang meliputi manajemen, organisasi, pengorganisasian, pemberdayaan sehingga dapat menguasai konsep-konsep pemberdayaan masyarakat secara profesional (P.1)Menguasai konsep teoritis pembangunan masyarakat dan pengembangan social (P.2)Mampu menunjukan kinerja yang mandiri, bermutu dan terukur (KU.2)Mampu mengkaji implikasi pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan kaidah keilmuan pendidikan masyarakat (KU.3)Mampu menyelesaikan masalah bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa melalui program pemberdayaan masyarakat dengan berbagai pendekatan dan strategi (KK.2)Memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis masalah, potensi dan mrekomendasikan alternative pengambilan kesimpulan dalam bidang pemberdayaan masyarakat (KK.3) | Kajian Pemberdayaan Masyarakat (BK18) | Mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami, menganalisis dan mengkreasikan penitngnya peran serta masyarakat dalam upaya peningkatan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat | |
| Memiliki wawasan kebangsaan dan menjadi warga negara yang baik (S15)Menguasai konsep dan metode pendidikan masyarakat dalam perubahan sosial (sosial change) (P5);Mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman yang dinamis (KU10)Menyelesaikan masalah bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa melalui program pelatihan, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan nonformal dan informal berdasarkan pendekatan, strategi dan metode pedagogi sosial dan andragogi (KK2) | Kajian Pendidikan Nonformal dan Informal (BK19) | Mata kuliah ini mengkaji mengenai pengantar program dan kebijakan pendidikan masyarakat, ragam program pendidikan masyarakat, ragam dan karakteristik kebijakan pendidikan masyarakat, faktor yang mempengaruhi kebijakan dalam program pendidikan masyarakat, analisis dan pergeseran kebijakan pendidikan masyarakat (satuan dan program), | |
| Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau Implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlinnya (KU1)Mampu menunjukan kinerja yang mandiri, bermutu dan terukur (KU2)Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religious (S1) | MKU Pendidikan Agama (BK20) | Mata kuliah ini berkaitan dengan Peningkatan rasa sosial beragama dan menjunjung tinggi keragaman keagamaan, menjunjung tinggi kejujuran yang telah diatur di ajaran agama masing-masing | |
| Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau Implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlinnya (KU1)Mampu menunjukan kinerja yang mandiri, bermutu dan terukur (KU2)Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S4) | MKU Bahasa Indonesia (BK21) | Mata kuliah ini berisi tentang pembahasan bahasa Indonesia dan penggunaannya dalam berbagai aspek kehidupan baik dalam tulisan maupuan dalam lisan. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta sesuai dengan kaidah baku penggunaan bahasa Indonesia dalam penyusunan laporan penelitian. | |
| Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau Implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlinnya (KU1)Mampu menunjukan kinerja yang mandiri, bermutu dan terukur (KU2)Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S2)Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3) | MKU Pendidikan Kewarganegaraan (BK22) | Materi yang berkaitan dengan konsep dasar pendidikan Pancasila, Pancasila dalam berbagai konteks kehidupan serta bagaimana menyikapi Pancasila sebagai ideologi bermasyarakat. Serta konsep dasar pendidikan kewarganegaraan, nasionalisme, kewajiban dan hak warga negara, HAM dan negara serta konstitusi itu sendiri | |
| Memiliki wawasan kebangsaan dan menjadi warga negara yang baik (S15)Menguasai konsep teoretis ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) secara umum (P1)Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya (KU6)menerapkan ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) dalam bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa (KK1) | MKU Pancasila (BK23) | Mata kuliah ini mengkaji mengenai penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat | |
| Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau Implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlinnya (KU1)Mampu menunjukan kinerja yang mandiri, bermutu dan terukur (KU2)Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (S10) | MKU Kewirausahaan (BK24) | Mata kuliah ini memberikan penjelasan tentang Kewirausahaan di Indonesia. Selain itu, melakukan analisis kasus (identifikasi masalah, analisis situasi, tinjauan teoritis, dan rekomendasi solusi masalah) dengan menggunakan konsep dan metode-metode untuk memecahkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan Kewirausahaan. | |
| berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)Menguasai konsep teoretis pembangunan masyarakat dan pengembangan social (P2)Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2)menerapkan ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) dalam bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa (KK1) | MKU KKN (BK25) | Kegiatan perkuliahan dan kerja lapangan yang merupakan pengintegrasian dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa secara pragmatis, berdimensi luas melalui pendekatan interdisipliner, komprehensif, dan lintas sektoral. | |
| Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S.9)Beradaptasi dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pendidikan masyarakat (S.12)Menguasai konsep teoretis ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) secara umum (P.1)Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatis dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan masyarakat (KU.1)Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU.2)Mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman yang dinamis (KU.10)mengidentifikasi, menformulasikan, menganalisis, dan menemukan kebutuhan belajar dan sumber masalah bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa (KK.3) | MKU Literasi TI (BK26) | Mata kuliah ini mengenalkan literasi digital yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman mengenai komputer dan dunia digital dalam bermasyarakat | |
| Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau Implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlinnya (KU1)Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)Menguasai konsep teoretis ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) secara umum (P1)menerapkan ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) dalam bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa (KK1) | MKU Pendidikan Anti Korupsi (BK27) | Mata kuliah ini mengkaji mengenai: (1) Pengertian Korupsi, (2) Faktor Penyebab Korupsi, (3) Dampak Masif Korupsi, (4) Nilai dan Prinsip Anti Korupsi, (5) Upaya Pemberantasan Korupsi, (6) Gerakan, Kerjasama dan Instrumen Internasional Pencegahan Korupsi, (7) Tindak Pidana Korupsi dalam Peraturan Perundang-undangan, dan (8) Peranan Mahasiswa dalam Gerakan Anti Korupsi | |
| Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau Implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlinnya (KU1)Mampu menunjukan kinerja yang mandiri, bermutu dan terukur (KU2)Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S4) | MKU Fakultas Bahasa Inggris (BK28) | Mata kuliah ini menjelaskan tentang Bahasa Inggris dalam konteks penggunaan pendidikan masyarakat | |
| Memiliki wawasan kebangsaan dan menjadi warga negara yang baik (S15)Menguasai konsep teoretis ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) secara umum (P1)Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya (KU6)menerapkan ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) dalam bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa (KK1) | MKU Fakultas Landasan Pendidikan (BK29) | Mata kuliah ini mengkaji mengenai pengertian landasan pendidikan, berbagai jenis landasan pendidikan dan fungsi landasan pendidikan dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan | |
| Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau Implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlinnya (KU1)Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)Menguasai konsep teoretis ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) secara umum (P1)menerapkan ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) dalam bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa (KK1) | MKU Fakultas Perkembangan Peserta Didik (BK30) | Mata kuliah ini mengkaji mengenai perkembangan manusia sepanjang rentang kehidupan beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya, yang meliputi aspek fisik, intelektual, emosi, dan moral | |
| Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau Implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlinnya (KU1)Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)Menguasai konsep teoretis ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) secara umum (P1)menerapkan ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) dalam bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa (KK1) | MKU Fakultas Belajar Pembelajaran (BK31) | mata kuliah ini mengkaji hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip dan implikasi belajar pembelajaran, teori belajar dan implementasi dalam proses pembelajaran, gaya dan masalah-masalah belajar, siklus belajar, komunikasi pembelajaran, metode pembelajaran inovatif, dan evaluasi pembelajaran | |
| Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau Implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlinnya (KU1)Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)Menguasai konsep teoretis ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) secara umum (P1)menerapkan ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) dalam bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa (KK1) | MKU Fakultas Pengelolaan Pendidikan (BK32) | Mata kuliah Pengelolaan Pendidikan ini terdiri dari beberapa pokok bahasan yang meliputi : konsep dasar pengelolaan pendidikan, pendekatan dan prinsip prinsip pengelolaan pendidikan, pengelolaan sebagai ilmu, seni dan profesi, fungsi fungsi dalam pengelolaan pendidikan, organisasi pendidikan nasional, kepemimpinan pendidikan, pendekatan dalam kepemimpinan pendidikan, operasional dan bidang-bidang garapan pengelolaan pendidikan, sentralisasi dan desentralisasi pengelolaan pendidikan, Manajemen Berbasis Sekolah dan supervisi pendidikan | |
| Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau Implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlinnya (KU1)Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)Menguasai konsep teoretis ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) secara umum (P1)menerapkan ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) dalam bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa (KK1) | MKU Fakultas Profesi Kependidikan (BK33) | Mata kuliah ini menganalisis tentang hakekat profesi kependidikan, tugas pendidik dan tenaga kependidikan, jenis-jenis kompetensi pendidik, administrasi dan organisasi pendidikan, wawasan profesi pendidik, dan peranan pendidik dalam administrasi pendidikan di institusi. | |
| mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik (S8)Menguasai konsep teoretis ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) secara umum (P1)Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)menerapkan ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) dalam bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa (KK1) | MKU Fakultas Pembelajaran Mikro (BK34) | Mata kuliah ini menganalisis tentang memahami dasar-dasar pengajaran mikro, menyusun rencana pelaksanaan pengajaran (RPP), membentuk dan meningkatkan kompetensi keterampilan dasar mengajar terbatas, kompetensi keterampilan dasar mengajar terpadu, membentuk kompetensi kepribadian, dan membentuk kompetensi sosial | |
| berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)Menguasai konsep teoretis pembangunan masyarakat dan pengembangan social (P2)Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2)menerapkan ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) dalam bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa (KK1) | MKU Fakultas PLP I (BK35) | Mata kuliah proses pengamatan/observasi dan pemagangan yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan | |
| berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)Menguasai konsep teoretis pembangunan masyarakat dan pengembangan social (P2)Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2)menerapkan ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) dalam bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa (KK1) | MKU Fakultas PLP II (BK36) | Mata kuliah proses pengamatan/observasi dan pemagangan yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan lanjutan | |
| Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuiensinya apabila melakukan plagiarisme (S13)Menguasai konsep teoretis pendidikan masyarakat dan orang dewasa secara mendalam (P3)Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisi informasi dan data (KU4)menyelesaikan masalah bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa melalui program pelatihan, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan nonformal dan informal berdasarkan pendekatan, strategi dan metode pedagogi sosial dan andragogi (KK2) | MKU Fakultas Skripsi (BK37) | Mata kuliah bentuk implementasi secara mandiri yang komprehensif dari keseluruhan materi kuliah yang didapat mahasiswa selama berkuliah | |